Minggu, 29 Juli 2012

Sun Yang, Pahlawan Baru China

Park Tae-hwan, Sun Yang dan Peter Vanderkaay

INFO TABAGSEL.com-Perenang China, Sun Yang menyejajarkan diri dengan pahlawan olah raga seperti Liu Xiang dan Yao Ming dengan menjadi perenang putra China pertama yang merebut medali emas Olimpiade.

Dalam perlombaan Sabtu (Minggu WIB), Sun merebut emas nomor 400 meter gaya bebas dengan menaklukkan juara bertahan dan favorit asal Korea Selatan, Park Tae-hwan.

Sun Yang mencatat waktu 3 menit 40.14 detik yang berarti hanya terpaut 0.07 dari rekor dunia yang dipegang perenang Jerman, Paul Biedermann yaitu 3:40.07.

Juara bertahan Tae-hwan merebut perak dengan  catatan waktu 3:42.06 sementara medali perunggu jatuh ke perenang AS,  Peter Vanderkaay dengan 3:44.69.

Sebelumnya, Tae-hwan sempat terkena diskualifikasi saat perlombaan penyisihan pagi karena dianggap melakukan start yang salah. Namun  pihak Korea Selatan kemudian mengajukan banding dan diterima.,

Prestasi Sun Yang dalam beberapa tahun belakangan memang meningkat pesat. Perenang berusia 20 tahun ini merupakan  peringkat satu dunia di nomor 400 meter, 800 meterd an 1500 meter gaya bebas.

"Pada masa lalu, saya hanya dapat berharap naik podium, seperti harapan rakyat Cina," kata Sun. "Jadi saya tidak sabar dapat naik podium."

"Hari ini saya menangis  karena ini merupakan puncak dari usaha keras saya dengan bangun pagi dan berlatih keras hingga larut malam," lanjutnya.

Sun mengaku ia memang berambisi mengalahkan Park Tae-hwan di final. "Jika dia (Park) tidak muncul (karena terkena diskualifikasi), saya kira media Korea akan mengatakan hal itu tidak sepadan. Namun  ia ada di final dan itu merupakan tantangan buat saya," kata Sun.(Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar